Thursday, October 18, 2012

Protokol dalam jaringan komputer fisik

1. Ethernet

       Ethernet adalah jaringan komputer yang biasanya menghubungkan jaringan. Kecepatan ethernet biasa adalah 10 Mbps. Sedangkan fast ethernet dapat mencapai 100 Mbps. Jenis kabel yang digunakan adalah kabel serat optik. Topologi jaringan yang digunakan oleh ethernet adalah topologi Bus, topologi Star dan topologi Tree. Ethernet adalah topologi yang paling banyak digunakan. Diinvestasikan oleh Bob Metcalfe pada tahun 1973. Topologi ini menggunakan metode akses CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access/Collision Detection). Sistem ini menjelaskan bahwa setiap komputer memperhatikan ke dalam kabel dari network sebelum mengirimkan sesuatu ke dalamnya.

2. Localtalk

    Local talk adalah sebuah protokol network yang dikembangkan oleh Apple Computer, Inc untuk mesin-mesin komputer Macintosh. Kecepatan transmisinya hanya mencapai 230 Kbps. Jenis kabel yang digunakan adalah kabel twisted pair. Topologi jaringan yang digunakan Local talk adalah topologi star dan topologi tree. 

3. Token Ring


Token ring adalah sebuah protokol yang bergerak dalam sebuah lingkaran seperti cincin dalam sebuah jaringan dan bergerak menuju komputer berikutnya. Kecepatan transmisi token ring mencapai 4 Mbps-16 Mbps. Jenis kabel yang digunakan adalah kabel twisted pair / fiber optic. Sedangkan topologi jaringan yang digunakan token ring adalah topologi star. Protokol ini dikembangkan IBM pada tahun 1980 dan paling banyak digunakan pada masa itu. Namun penggunaannya berkurang karena perkembangan ethernet.

4. FDDI (Fiber Distributed Data Interface)

FDDI adalah sebuah protokol jaringan yang menghubungkan 2 atau lebih jaringan bahkan pada jarak yang jauh. Kecepatan transmisinya mampu mencapai 100 Mbps. FDDI menggunakan kabel serat optik, dan topologi jaringan yang digunakannya topologi ring. Proses transmisinya biasanya hanya menggunakan satu buah ring, namun jika ada masalah ditemukan, akan secara otomatis menggunakan ring yang kedua.

5. ATM (Asynchronous Transfer Mode)



ATM adalah sebuah protokol jaringan yang mentransmisikan data ke dalam satu paket. Kecepatan transmisi ATM mampu mencapai 155-2488 Mbps. ATM bekerja pada topologi star dengan menggunakan kabel fiber optic maupun kabel twisted pair. ATM mendukung variasi media seperti Video, CD-audio dan gambar. ATM biasanya digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan lokal dan juga dipakai oleh penyedia layanan internet untuk mendukung kecepatan akses clientnya.





 

No comments:

Post a Comment